Xiaomi

5 Penyebab HP Xiaomi Cepat Panas dan Boros Baterai

penyebab hp xiaomi cepat panas

Penyebab HP Xiaomi Cepat Panas & Boros Baterai – HP Xiaomi yang panas dapat memberikan efek negatif bagi masa penggunaannya. Suhu tinggi yang terus-terusan menampar perangkat keras pada HP Xiaomi dapat membuatnya menjadi lebih cepat rusak, adapun dampak langsung yang di rasakan oleh pengguna yaitu menurun kekuatan baterai.

Nah oleh karena itu penting untuk mengetahui penyeba-penyebab HP Xiaomi menjadi lebih cepat panas.

Untuk mengetahuinya, ada baiknya untuk memahami beberapa ulasan berikut ini.

5 Penyebab HP Xiaomi Cepat Panas dan Boros Baterai

Sinyal Lemah

Kondisi sinyal yang lemah merupakan penyebab HP Xiaomi menjadi lebih cepat panas, hal ini di karenakan perangkat keras pada HP Xiaomi akan bekerja lebih keras dengan memancarkan gelombang radio yang lebih kuat untuk mendapatkan sinyal.

Dalam hal ini langkah yang harus dilakukan untuk mengurangi suhu panas akibat sinyal lemah adalah dengan mematikan data atau mengaktifkan mode pesawat pada perangkat, dengan begitu perangkat tidak akan terus-terusan memancarkan gelombang radio yang membuat HP Xiaomi menjadi lebih cepat panas.

Selain itu, dengan mematikan data seluler atau mengaktifkan mode penerbangan juga akan membuat baterai menjadi lebih awet.

Digunakan Selalu Saat Nge-Cas

Pada umumnya HP Xiaomi menggunakan baterai Lithium-ion dan Lithium polymer sebagai penyuplai tenga listriknya. Kedua jenis baterai tersebut, ternyata tidak tahan dengan kondisi panas.

Kedua jenis baterai di atas hanya mempunyai suhu cadang maksimal di antara 0 derajat celcius sampai 60 derajat celcius. Sedangkan untuk suhu simpanya berada di antara -20 derajat celcius sampai dengan 60 derajat celcius.

Jika HP Xiaomi terus di gunakan saat sedang di Charging, secara otomatis suhu akan terus meningkat. Efek buruknya, baterai dapat menggelembung dan tidak dapat di gunakan lagi.

Layar Terlalu Cerah

Penggunaan layar yang terlalu cerah ternyata juga dapat membuat HP Xiaomi menjadi cepat panas. Hal ini terjadi karena semakin cerah kontras pada layar maka akan semakin banyak membutuhkan daya, akibatnya kinerja perangkat pada ponsel menjadi lebih keras.

Selain itu, penggunaan layar yang terlalu cerah juga akan membuat baterai menjadi lebih boros.

Data Seluler Selalu Nyala Ketika Tidak Digunakan

Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna smartphone adalah tidak mematikan data seluler saat tidak di gunakan, akibatnya baterai akan terus berkurang dan suhu smartphone tidak menurun.

Hal ini terjadi karena data seluler yang aktif akan tetap bekerja meskipun data seluler sedang tidak di gunakan. Oleh karena itu, sangat di sarankan untuk mematikan data seluler ketika sedang tidak di gunakan.

Bukan hanya HP Xiaomi saja, hal ini juga berlaku untuk semua smartphone yang belum di lengkapi dengan penghemat daya pintar.

Baca: Cara Hemat Baterai di MIUI 9

Selalu Banyak Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Satu hal yang perlu diketahui oleh semua pengguna smartphone adalah tidak semua aplikasi akan berhenti dengan sendirinya ketika sedang tidak di gunakan, beberapa aplikasi akan terus berjalan sekalipun sedang tidak di gunakan oleh pemiliknya.

Sebut saja facebook, whatsapp, chrome, vidmate, BBM dan game PUBG adalah beberapa contoh aplikasi yang akan terus berjalan meskipun sedang dalam kondisi tidak di gunakan.

Alhasil, perangkat akan bekerja secara terus menerus sehingga membuat HP Xiaomni menjadi lebi cepat panas.

Untuk mengatasinya, bisa melalui pengaturan aplikasi yang terdapat pada HP Xiaomi. Cek satu persatu aplikasi yang tengah berjalan kemudian paksa berhenti aplikasi melalui menu pengaturan tersebut.

Leave a Comment