Android

5 Ciri – Ciri HP Android Terkena Virus

hp android kena virus

Ciri – Ciri HP Android Terkena Virus – Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, banyak penjahat cyber yang menciptakan berbagi virus berbahaya dengan membidik para pengguna smartphone sebagai sasaranya. Parahnya, lebih dari 50% virus yang diciptakan oleh para penjahat cyber di tunjukan kepada pengguna smartphone atau ponsel pintar.

Hal ini jelas menjadi suatu ancaman tersendiri bagi para pengguna smartphone. Data-data penting seperti user name dan pasword bisa saja curi oleh virus-virus tersebut, maka dari itu kita harus benar – benar waspada dengan aplikasi-aplikasi yang terlihat asing pada smartphone kita.

Salah satu penyebab umum yang membuat smartphone terinfeksi virus adalah ketidak hati-hatian pengguna saat menanggapi notifikasi keamanan pada smartphonenya. Selain itu kebiasaan streaming di situs-situs dewasa juga di yakini sebagai salah satu penyebab mengapa smartphone dapat terinfeksi virus.

Maka dari itu penting bagi para pengguna smartphone untuk mengenali ciri-ciri smartphone yang terinfeksi oleh virus atau malware jahat. Berikut ini adalah ciri-ciri smartphone yang terinfeksi oleh virus.

5 Ciri-ciri HP Android Terkena Virus

Muncul Pop up Misterius

Salah satu ciri-ciri smartphone yang terinfeksi virus adalah munculnya tampilan Pop-up misterius secara tiba-tiba. Pada umumnya, tampilan pop-up yang muncul akan menyerupai iklan atau yang lebih parah tampilan pop-up menunjukan suatu ancaman tertentu kepada penggunanya.

Apabila kamu menemukan hal semacam ini dalam aplikasi atau game pada smartphone kamu, Alangkah baiknya saat muncul jangan diklik karena itu bisa menjadi salah satu jalan bagi penjahat cyber untuk mengambil berbagai informasi penting yang terdapat pada smartphone kamu

Baterai HP Menjadi Lebih Cepat Boros

Baterai yang cepat habis juga menjadi salah satu indikasi jika smartphone sudah terinfeksi oleh virus, hal ini di karenakan virus yang terdapat pada smrtphone akan berjalan secara terus-menerus di latar belakang sehingga membuat smartphone terus bekerja meskipun sedang tidak di gunakan oleh pemiliknya.

Untuk mengecek smartphone terinfeksi virus atau tidak bisa dilihat melalui pengaturan aplikasi pada smartphone, caranya yaitu dengan membuka menu pengaturan kemudian buka pengaturan aplikasi.

Periksa satu persatu aplikasi yang terinstall pada smartphone dengan teliti, jika kamu mendapati aplikasi asing yang tidak kamu kenali, maka segeralah untuk menghapus aplikasi tersebut karena besar kemungkinanya jika itu adalah virus yang sedang menyerang sistem keamanan pada smartphone kamu.

Boros Data Paket Internet

Kuota internet yang cepat habis ternyata juga menjadi salah satu pertanda jika smartphone sedang terinfeksi virus jahat. Hal ini di akibatkan karena virus yang menginfeksi smartphone pada umumnya akan mengirimkan data-data penting milik korban kepada pembuatnya secara terus menerus, akibatnya penggunaan kouta internet menjadi tidak terkendali dan cepat habis.

HP Menjadi Lemot

Penyebab smartphone menjadi lemot atau berjalan lambat adalah karena banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang sehingga akan memenuhi penggunaan RAM pada smartphone.

Hal ini bisa menjadi sesuatu yang wajar apabila kamu memang menggunakan banyak aplikasi pada smartphone kamu, namun akan menjadi tidak wajar jika aplikasi yang kamu install sedikit tapi penggunaan RAM mencapai batas yang hampir maksimal.

Seperti aplikasi pada umumnya, virus pada smartphone juga akan memenuhi penggunaan RAM. Akibatnya, smartphone akan berjalan lambat bahkan membuat aplikasi lain pada smartphone menjadi tidak berfungsi karena tingginya penggunaan RAM oleh virus tersebut.

Baca: 3 Aplikasi Antivirus HP Android Yang Ampuh

Tiba-tiba Restart Atau Mati Sendiri

Apabila smartphone yang kamu miliki sering mati atau sering restart tanpa sebab, kemungkinan besar hal itu di sebabkan oleh virus yang menyerang sistem OS pada smartphone kamu. Jika hal itu sering terjadi, maka segeralah untuk melakukan scanning dengan menggunakan aplikasi antivirus.

Nah itu dia beberapa ciri-ciri atau tanda jika hp android yang anda gunakan sudah terkena virus, jadi jika mengalami hal diatas maka segera lakukan install antivirus malware untuk menangani berbagai macam masalah tersebut.

Leave a Comment