Tips dan Trik

Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi

cara mengobati sariawan pada bayi

Sariawan merupakan salah satu penyakit yang sangat sering terjadi pada manusia, sariawan termasuk gangguan pada mulut yang dapat menimbulkan perih.

Sariawan akan ditandai dengan adanya bagian pada bibir yang terlihat luka dan berwarna putih agak kekuningan. Sariawan bisa disebabkan beberapa hal seperti alergi pada makanan tertentu, Luka pada bibir mulut dan lain-lain.

Sariawan bisa kena kepada siapa saja, termasuk anak bayi. Bisa jadi salah satu penyebab si bayi tidak mau makan adalah karena penyakit sariawan. Untuk memberikan rasa nyaman kepada bayi sariawan haruslah disembuhkan supaya bayi bisa aktif kembali.

Ada banyak cara atau obat yang bisa digunakan untuk menyembukan sariawan pada bayi, mulai dari obat alami hingga obat-obatan yang terdapat di apotik.

Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi

Pastikan sebagai orang tua harus memilih obat yang baik dan cocok untuk bayi, supaya obat tersebut bisa dicerna oleh si anak dan anak bisa sembuh, jika masih bingung obat apa yang cocok untuk menghilangkan sariawan pada bayi, bisa baca beberapa rekomedasi obat sariwan untuk bayi berikut ini.

Minyak Kelapa

Obat pertama yang bisa dicoba adalah menggunakan Minyak Kelapa Murni. Minyak kelapa cukup efektif menyembukan sariawan pada bayi karena mengandung asam kaprilat yang memiliki fungsi untuk melawan pertumbuhan bakter pada mulut.

Penggunaan minyak kelapa sebagai obat sariawan juga sangat awan dan tidak ada efek samping. Caranya tinggal oleskan saja minyak kelapa di bibir bayi tersebut, jika si bayi menggunakan botol susu atau dot bisa dioleskan pada pinggirnya.

Es Batu

Penggunaan es batu juga bisa dipakai untuk mengobati Sariawan pada bayi. Dengan menggunakan es batu akan membantu menghilangkan perih yang ditimbulkan oleh sariawan terhadap mulut sang bayi.

Caranya juga cukup mudah anda hanya perlu menempelkan saja es batu pada bibir yang terkena sariawan, namun lapisin es batu dengan kain yang lembut untuk mengurangi rasa dingin yang berlebihan dan jangan menekan terlalu keras supaya bayi tidak mengalami perih.

Air Kelapa

Air kelapa merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Air kelapa juga bisa digunakan untuk keperluan mengobati sariawan pada bayi. Air kelapa cocok diberikan kepada bayi yang sudah berusia lebih dari enam bulan, ibu bisa memberikan minum air kelapa kepada bayi tersebut secara rutin supaya sariawannya cepat hilang. Selain itu air kelapa juga baik bagi kesehatan tenggorokan bayi.

Madu

Madu memiliki sifat anti-mikroba yang bisa menyembuhkan sariawan pada bayi. Selain itu banyak fungsi madu lainnya yang baik untuk bayi. Perlu diperhatikan pemberian Madu hanya bisa dilakukan untuk bayi yang berusia lebih dari 1 tahun. Cara menggunakanya juga cukup muda hanya perlu mengoleskan madu pada sariawan.

Tea Tree Oil

Tea tree menjadi salah satu obat yang cukup ampuh, Tea tree memiliki banyak manfaat diantara seperti Antibakteri dan antijamur. Penggunaannya juga cukup mudah, hanya perlu mencampurkan air rebusan dan kurang lebih 1-2 tetes Tea tree Oil, selanjutnya bisa dioleskan ke sariawan pada bibir bayi, pastikan untuk mengoleskannya menggunakan alat yang lembut dan baru seperti Cotton Bud.

Obat Anti Jamur

Jika si bayi terus menangis dan sariawan sudah berlangsung lebih dari satu minggu, sebaiknya disarankan untuk membawanya ke dokter, biarkan dokter memeriksa apa yang terjadi pada mulut si bayi.

Nah biasanya dokter akan merekomendasikan obat anti jamur yang bisa digunakan untuk mengobati sariawan pada bayi. Namun biasanya obat-obatan seperti ini akan diberikan oleh dokter jika usia bayi sudah lebih dari 4 bulan.

Akhir Kata

Jadi itulah beberapa obat yang bisa dicoba untuk mengobati Sariawan Anak Bayi, sebaiknya hindari hal-hal yang bisa menyebabkan sariawan tersebut seperti Hindari makanan Junk Food, tidak mengkonsumsi gula berlebihan dan lain-lain.

Jika perlu konsumsi makanan antibakteri dan antijamur secara rutin seperti menambahkan minyak kelapa, mentega, bawang putih dan lainnya.