Tips dan Trik Windows

Cara Menghapus Virus Shortcut Yang Tidak Bisa Dihapus

cara menghapus virus shortcut

Salah satu permasalahan yang sering kita jumpai di komputer adalah virus, banyak sekali jenis virus yang bisa terinfeksi di komputer kita, salah satu virus yang sering kita jumpai adalah virus shortcut.

Virus ini akan merubah semua file atau program yang ada dikomputer menjadi sebuah shortcut dan membuatnya tidak bisa dibuka dan file aslinya akan hilang atau bisa disebut dengan hidden, file tersebut tidak bisa kita lihat karena memiliki attribut super hidden.

Bisa saja kita menghapus atau membersihkannya dengan antivirus namun ada juga beberapa virus shortcut yang tida bisa dihapus,

jika anda ingin tahu solusinya bisa simak pembahasan cara menghapus virus shortcut yang tida bisa di hapus di PC/Laptop berikut ini.

Cara Menghapus Virus Shortcut Agar Tidak Keluar Lagi

Install Antivirus

Antivirus merupakan salah satu software/program yang wajib ada di dalam sebuah komputer, antivirus akan menjaga komputer anda dari berbagai virus dan menganilisi kerusakan yang terjadi pada software. Antivirus sudah banyak tersedia di internet yang bisa anda download dan gunakan, mulai dari yang gratis dan berbayar.

Jika anda pengunna windows 10 sudah otomatis tersedia bawaan windows yaitu windows Defender, namun banyak yang mengatakan bahwa Windows Defender kurang ampu untuk mengatasi berbagai virus maka dari itu anda harus menginstall antivirus tambahan.

Pilih antivirus terbaik yang memiliki kemampuan untuk menangani berbagai macam jenis virus dalam hal ini adalah virus shortcut, contohnya seperti SMADAV, AVAST dan lain-lain.

Lakukan Scanning

Setelah memiliki antivirus dan menginstallnya anda bisa menggunakanya untuk melakukan scanning pada setiap file atau folder, lakukan scanning pada keseluruhan folder atau pada spesifik folder saja.

Perlu anda ketahui jika melakukan scanning pada keseluruhan folder/file pastinya membutuhkan waktu yang cukup lama dikarenakan banyaknya file yang akan diproses secara langsung.

Jika antivirus telah selesai melakukan scanning akan muncul result atau hasilnya biasaya berisi tentang letak file berada, nama file, induk folder dan lain-lain.

Anda bisa menghapus virus tersebut, tenang saja yang anda hapus ada virus shortcut bukan folder asli, karena virus tersebut bukan menginfeksi file asli hanya menyembunyikan saja.

Hapus FIle di Perangkat Lain

Penyebaran virus selain disebarkan secara internal seperti mendownload program yang mengandung virus juga disebarkan secara eksternal, artinya ada perangkat lain yang terhubung dengan komputer yang sebelumnya telah mengandung virus.

Maka dari itu perangkat tersebut juga harus dilakukan scanning dan penghapusan virus supaya jika digunakan atau disambungkan kembali ke komputer tidak membawa virus.

Biasanya perangkat tersebut berupa flashdisk, hardisk dan lain-lain. lakukan scanning menggunaan antivirus dan scan pada partisi flashdisk atau perangkat lain, jika terdapat virus pada hasil akhir silahkan hapus.

Batch Delete

Setelah melakukan scanning dan penghapusan virus pada flashdisk, sekarang lakukan pembersihan lanjutan dengan menggunakan CMD, caranya cukup mudah silahkan klik kanan dibarengi dengan menekan tombol shift pada partisi atau drive flashdisk tersebut.

Selanjutnya akan muncul beberapa menu, silahkan klik pada menu Open command window here….., nantinya akan terbuka jendela comand promt, silahkan ketik perintah del *.lnk s/ d/ dan tekan enter, jika menggunakan perintah tersebut terjadi error anda bisa mencoba menghilangkan perintah s/ d/ dan tekan enter.

Baca: Ciri-ciri HP Android Terkena Virus

Kesimpulan

Jadi itulah beberapa cara yang bisa anda coba untuk menghapus Virus dengan jenis shortcut yang tidak bisa dihapus, hindari menghubungkan perangkat/device lain secara sembarangan apalagi tanpa menggunakan antivirus.

Biasanya perangkat/device tersebut sudah terinfeksi virus dan jika tersambung dengan komputer maka virus tersebut akan ikut masuk ke komputer anda, jangan lupa juga untuk melakukan scanning secara rutin menggunakan antivirus yang sudah anda install tadi.