Android Tips dan Trik

Cara Menghapus Malware di Android

cara menghapus malware di android

Cara Menghapus Malware di Android – Banyak sekali masalah yang bisa muncul pada smartphone yang anda gunakan sehari-hari apalagi smartphone tersebut menggunakan sistem operasi android, menurut beberapa sumber OS android besutan google adalah salah satu OS yang sangat mudah dan rentan terhadap virus, mau itu yang berasal dari eksternal seperti aplikasi dan internal.

Virus sangatlah berbahaya sekali dengan kerahasian data pribadi anda, seperti facebook social media, foto pribadi bahkan sampai ke file-file penting anda, maka dari itu sebagai pengguna pastinya tidak ingin hal itu terjadi, sebetulnya untuk mengatasi virus anda bisa menggunakan antivirus namu tidak semua virus bisa anda hapus dengan mudah.

Untuk mengatasi dan mencegah hal tersebut ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, anda bisa baca pembahasan dibawah ini tentang cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus.

Cara Menghapus Malware di Android Yang Tidak Bisa Dihapus

cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus
cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus

Pasang Antivirus

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memasang antivirus yang populer dan terbaik, sebetulnya setiap smartphone sudah disedikan antivirus bawaan, namun antivirus tersebut tidak terlalu kuat untuk mengatasi virus yang sangat banyak.

Ada beberapa antivirus yang rekomendasi seperti 360 Security, CM (Clean Master) Security Applock AntiVirus, AVG Antivirus Security, Avast dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan hasil dan perlindungan yang maksimal anda bisa menggunakan antivirus versi berbayar, karena biasanya antivirus versi gratis terbatas untuk menggunakan fitur yang tersedia.

Pergi ke Safe Mode

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan Safe mode, dengan menggunakan safe mode ada banyak hal yang bisa anda lakukan salah satunya untuk memastikan apakah aplikasi yang anda install menyebabkan suatu masalah. Untuk masuk ke safe mode anda bisa ikuti langkah dibawah ini :

  1. Tekan Tombol Power
  2. Selanjutnya tekan dan tahan pada menu POWER OFF
  3. Nantinya akan muncul beberapa pilihan, pilih Reboot to safe mode

Selanjutnya anda bisa cek dan menghapus file/aplikasi yang mencurigakan dan mengandung virus, jika selesai melakukan penghapusan untuk kembali ke tampilan awal silahkan lakukan reboot.

Lakukan Factory Reset

Factory reset dilakukan untuk melakukan reset atau mengembalikan settingan pabrik bisa dikatakan tampilan akan sama seperti saat anda membeli hp tersebut.

Jika anda melakukan factory reset semua aplikasi yang anda install akan dihapus. Untuk melakukan factory reset langkah-langkahnya sebagai berikut : masuk ke menu setting/pengaturan > Backup&Reset > Factory data reset > Reset Phone.

Cek Aplikasi Terinstall

Anda bisa memastikan apakah sebelum dan sesudah menginstal suatu aplikasi ada perubahan yang terjadi seperti tiba-tiba muncul iklan yang cukup banyak, konten yang tidak wajar yang muncul dan hal lainnya, jika hal tersebut terjadi maka bisa dipastikan bahwa aplikasi tersebut sebagai penyebab atau mengandung virus.

Untuk mengatasinya tentunya anda harus menghapus aplikasi tersebut atau anda bisa menggunakan aplikasi Addons Detector untuk mengetahui aplikasi yang baru anda install.

Jika anda menggunakan aplikasi Addons Detector ada beberapa hal yang bisa anda coba seperti Notification Monitor, Shortcut Monitor, AddOns Push Notifications yang fungsinya untuk mengetahui aktifitas yang mencurigakan.

Hard Reset

Hard Reset dilakukan untuk mengembalikan smartphone ke settingan pabrik atau seperti kita membeli baru hampir sama dengan Factory reset sebelumnya.

Namun hard reset dilakukan jika kita tidak bisa membuka atau melakukan apa-apa lagi di smartphone kita yang disebabkan oleh virus yang sangat kuat. Maka dari itu kita tidak bisa melakukan reset melalui menu setting melainkan dengan cara berikut:

  1. Tekan tombol power dan home secara bersamaan kurang lebih 10 detik
  2. Ketika smartphone sedang booting, tekan kedua tombol volume untuk masuk ke safe mode
  3. Dan lakukan hard reset di menu setting atau pengaturan back up & reset > Factory data reset.

Biasanya setiap Smartphone memiliki cara yang berbeda untuk melakukan hard reset, namun cara diatas termasuk cara yang umum ada di beberapa smartphone. Sama seperti factory reset, artinya jika melakukan hard reset semua aplikasi yang anda install akan terhapus.

Baca: Cara Keluar Dari Akun Google di Android

Kesimpulan

Jadi itulah beberapa cara yang bisa anda coba untuk menghapus malware atau virus yang tidak bisa dihapus pada smarphone dengan OS android. Lakukan beberapa pencegahan untuk melindungi hp anda dari virus yang berbahaya bagi data-data anda.