Tips dan Trik Xiaomi

Cara Cek HP Xiaomi Asli Atau Palsu

cara cek keaslian xiaomi

Cara Cek HP Xiaomi Asli Atau Palsu – Jika anda ingin membeli smartphone haruslah memperhatikan banyak hal, supaya nantinya setelah membeli dan menggunakannya tidak ada masalah yang timbul.

Banyak sekali jenis smartphone yang bisa menjadi pilihanmu salah satunya yaitu xiaomi, kenapa memilih xiaomi? alasanya adalah karena xiaomi memiliki spesifikasi hardware yang tinggi dan dibandrol dengan harga yang murah.

Karena banyak yang berminat membeli xiaomi sering sekali ada oknum yang ingin memanfaatkan situasi pasar, mereka menjual smartphone xiaomi dalam keadaan yang tidak layak pakai yang jelas dipasarkan dengan marketing yang luar biasa supaya pembeli tertarik membeli barang tersebut.

Nah untuk itu pada pembahasan kali ini akan membahas bagaimana cara cek keaslian HP xiaomi, cara ini wajib anda ketahui sebelum membeli HP xiaomi mau itu yang baru atau yang seken, untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Cara Cek Xiaomi Asli Atau Palsu

cara cek keaslian xiaomi
cara cek keaslian xiaomi

Cek HP Xiaomi Asli Dengan Kode IMEI

Setiap smartphone yang sudah diproduksi pasti memiliki nomor IMEI, nomor IMEI ini memiliki sifat unik pada setiap smartphone yang artinya setiap smartphone akan memiliki nomor IMEI yang berbeda.

Jika hp yang anda beli tidak memiliki nomor IMEI hal tersebut bisa dikatakan palsu atau fake dan anda harus berhati-hati juga karena pemerintah indonesia telah mengeluarkan peringatan terhadap HP yang tidak memiliki nomor IMEI akan diblok.

cek xiaomi dengan kode
cek xiaomi dengan kode

Untuk mengetahui nomor IMEI dari HP Xiaomi anda bisa coba beberapa cara berikut :

  • Lihat pada dus belakang, biasanya saat membeli HP baru anda akan mendapatkan sebuah dus yang dibelakang dari dus tersebut ada terdapat nomor IMEI.
  • Cek melalui USD / Dial *#06# . anda bisa coba melakukan panggilan ke nomor tersebut nantinya akan beberapa informasi mengenai HP termasuk nomor IMEI.
  • Cek di Menu setting, caranya pergi ke menu setting > About > Status > informasi IMEI .

Pencocokan IMEI

Setelah mengetahui apakah HP anda memiliki IMEI dan langkah-langkah melihat IMEI dari hp yang anda miliki, langkah selanjutnya adalah mencocokkan apakah IMEI yang ada pada HP anda yang anda lihat pada menu setting sama dengan yang ada di dus. Jika berbeda disini seharusnya anda harus lebih curiga, bisa saja nomor IMEI tersebut dipalsukan.

Cek Keaslian IMEI di Website Xiaomi

Xiaomi sendiri menyediakan fasilitas berupa website yang bisa digunakan oleh user untuk mengecek apakah produk xiaomi yang mereka miliki merupakan produk yang resmi diproduksi oleh xiaomi atau tidak.

Caranya juga cukup mudah, anda hanya perlu mengakses website http://www.mi.com/verify/#imei_en, silahkan masukkan nomor IMEI dari HP anda pada kolom yang tersedia, langkah selanjutnya adalah memasukkan sercurity code setelah itu anda bisa melihat informasi terkait keaslian HP xiaomi beserta dimana lokasi produk tersebut dijual.

Membeli HP Xiaomi ke Distributor Resmi

Xiaomi merupakan salah satu HP yang sudah sejak lama masuk ke indonesia, dengan begitu pihak xiaomi sendiri memiliki beberapa distributor resmi yang menjual produk asli dari Xiaomi.

Untuk itu xiaomi menunjuk Erajaya sebagai partner atau mitra resmi mereka dan untuk distributor sendiri diserahkan kepada Telethama Artha Mandiri (TAM).

Jangan lupa selalu update tentang informasi mitra resmi dan distributor xiaomi, karena suatu saat pasti ada perubahan yang terjadi terhadap kemitraan antara xiaomi dan parter mereka yang ada di indonesia.

Baca: Kelebihan dan Kekurangan Redmi K20

Kesimpulan

Jadi itulah beberapa cara cek keaslian HP xiaomi yang anda miliki, cara tersebut bisa anda terapkan dan coba di semua versi xiaomi, pastikan bahwa HP yang anda beli tersebut merupakan produk asli dari xiaomi.

Pastikan juga bahwa HP yang anda miliki memiliki nomor IMEI yang unik karena menurut himbauan pemerintah akan memblokir semua HP yang tidak memiliki IMEI. Lakukan langkah diatas untuk mencegah penyesalan yang datang terlambat saat membeli HP tersebut.