Android iOS

5 Virus Yang Paling Banyak Menyerang Smartphone

virus smartphone berbahaya

Sekuy.comVirus merupakan sebuah program yang dapat menggandakan dirinya sendiri dengan menyisip ke program lain pada perangkat yang sudah terinfeksi. Pada umumya virus menyusup pada perangkat- perangkat yang tidak di lengkapi dengan pengamanan antivirus.

Pada awalnya virus hanya menyerang komputer saja, namun seiring majunya perkembangan terknologi informasi dan jaringan, virus kini juga dapat menyusupi perangkat-perangkat smartphone. Virus di buat dengan berbagai tujuan, mulai dari untuk memata-matai, mencuri data, merusak dan melakukaan pemerasan.

Adapun 2 tempat yang paling umum di jadikan sebagai sarang virus yaitu situs-situs dewasa dan situs download aplikasi pihak ke tiga. Pada umunya virus masuk saat smartphone dalam kondisi sedang mendownload dan streaming video.

Oleh karena itu penting untuk menjaga keamanan pada smartphone agar tidak terinfeksi virus. Untuk lebih mengenal berbagai macam virus, berikut ini adalah ulasan 5 virus yang paling sering menyerang smartphone.

5 Virus Yang Paling Banyak Menyerang Smartphone

Engriks

Engriks merupakan virus yang dirancang untuk menyusup di smartphone korban melalui situs dewasa, virus ini akan menyerang sistem operasi atau OS pada smartphone. Smartphone yang terinfeksi virus ini akan mengalami kerusakan yang fatal pada OSnya sehingga dapat menyebabkan smartphone menjadi boot loop.

Cyber Police

Selain Engriks, baru-baru ini juga ada virus serupa yang bernama Cyber.Police. Sama seperti engriks, virus ini menginfeksi smartphe korbanya melalui situs p*rno. Jika terinfeksi oleh virus ini, smartphone-mu akan terkunci oleh pop up yang terus-terusan muncul di layar.

Namun berbeda dengan engriks, virus ini akan meminta bayaran pada korbanya melalui iTunes Gifts, jika tidak di bayarkan, virus ini mengancam akan menghapus semua dapa yang terdapat pada smartphone tersebut.

Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug

Tiga jenis virus ini merupakan virus yang paling berbahaya bagi perangkat smartphone. Ketiga virus ini akan menyebabkan smartphone menjadi tidak bisa digunakan lagi.

Virus ini pada umumnya ditemukan pada toko aplikasi pihak ketiga (third-party app store). Setelah terinstal pada perangkat smartphone korban, malware ini akan me-root perangkat, menanamkan (embed) diri mereka ke system-level services, dan mengesahkan diri mereka sendiri atau melegitimasi diri mereka ke dalam aplikasi populer yang terinstall pada smartphone seperti Facebook, Candy Crush, Twitter, Snapchat, WhatsApp, dan lain sebagainya.

Obad

Obad merupakan virus yang lumayan merepotkan pengguna, bahkan Kaspersky pun sempat dibuat kewalahan oleh virus ini karena virus ini juga mampu untuk mendeteksi keberadaan Kaspersky.

Jika smartphone terinfeksi oleh virus yang dikenal juga dengan nama Backdoor.AndroidOS.Obad.a ini, semartphone akan menjadi hang dengan tiba-tiba dan membuat pulsa tba-tba menghilang dengan sendirinya.

Drsheep

Drsheep merupakan virus yang masih tergolong kedalam kelas Trojan, virus ini sangat mengancam keamanan pada username dan pasword pengguna, hal tersebut karena virus ini mampu untuk membajak akun Facebook, Twitter dan LinkedIn milikmu. Virus ini juga di kenal dengan HackTool.AndroidOS.DroidSheep.A bila terdeteksi di safe mode atau antivirus yang kamu gunakan.

Leave a Comment